Saturday, November 26, 2011

Who Am I . . .????

Siapakah aku sebenarnya? Kebanyakan orang bertanya begitu kepadaku. Namun aku sendiri juga belum begitu mengerti mengenai diriku sendiri ini. Sebenarnya dalam belajar mengenali diri sendiri adalah bagian dari proses menemukan jati diri yang sesungguhnya. Selain itu mengenali diri sendiri juga seharusnya merupakan tahap awal dari proses revisi jiwa dan raga, karena tanpa mengenali diri sendiri berarti kita tidak mengetahui apa dan bagaimana diri kita ini, lalu apa yang mau direvisi supaya lebih baik? Namaku Angga Cahya Adi Wijaya. Seorang anak lelaki desa yang kebetulan dapat kesempatan untuk mengenal dunia maya dan modernitas dunia ini. Umurku sekitar 18 tahun. Aku masih menganggap diriku belum menjadi seorang manusia yang dewasa sepenuhnya. Walaupun kalau ditanya dewasa itu apa aku tidak memiliki jawaban yang memuaskan. Aku adalah seorang anak desa yang bercita-cita untuk menjadi seorang entrepreneur IT. Maka dari itu aku memilih untuk kuliah di Institut Teknologi Surabaya ini guna untuk menuntut ilmu dengan baik dan berusaha untuk mendapatkan IPK > 3,5.


Aku sangat bersyukur atas apa yang telah di berikan oleh Allah SWT kepadaku. Berkat karunia-Nya lah aku bisa sampai di kampus kebanggaan ini. Aku sebenarnya juga mempunyai karakter yang tak menentu. Kadang aku bisa keras, namun kadang juga aku bisa lembut. Banyak kelebihan dan kekurangan yang aku miliki. Untuk kelebihan yang aku miliki yaitu pertama, aku mempunyai bakat dibidang olahraga terutama futsal. Pada sewaktu masih SMA aku pernah menjuarai berbagai turnamen futsal baik tingkat sekolah,kabupaten maupun kota. Untuk yang kedua, aku adalah orang yang bisa memegang janji dan tanggung jawab. Kelemahan yang aku miliki yaitu pertama, aku kurang bisa memanagement diriku sendiri dan juga kurang bisa memanagement waktu dengan baik. Ketika masih SMA aku sering malas-malasan untuk belajar, namun waktu masuk dunia mahasiswa ini aku ingin merubah pola hidupku agar bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Dibutuhkan adanya suatu pelatihan untuk menjadi seorang mahasiswa yang ideal, tidak hanya sukses dalam berprestasi namun juga bisa sukses dalam berorganisasi. 

Seorang mahasiswa memegang tanggung jawab yang amat berat pada pundaknya untuk bisa menjadi generasi penerus bangsa yang saat ini telah bobrok. Pernah ada kata bahwa bangsa ini bisa maju apabila generasi yang sekarang ini digantikan generasi yang akan dating. Maka dari itu aku ingi bisa merubah nasib bangsa kita ini menjadi bangsa yang terpandang oleh seluruh penjuru dunia atas nilai kebaikannya. Untuk kelemahanku yang kedua, aku kurang bisa menjadi seorang yang dapat dijadikan sebagai pemimpin. Sebenarnya diriku adalah seorang yang kurang tegas dalam mengambil keputusan. Terkadang aku masih bingung untuk mengambil dua keputusan yang sama bagus dan bermanfaat semua. Itulah yang menjadi kelemahanku selama ini. Aku adalah orang yang sangat kurang berpengalaman dalam berorganisasi. Ketika waktu masih duduk di bangku SMA aku hanya menjadi salah satu anggota MPK dan juga mengurus salah satu ekstra kulikuler di sekolahku dulu. Namun itu pun aku juga menjadi anggota. Dari pernyataanku diatas bisa disimpulkan bahwa aku merupakan seorang yang kurang cocok untuk menjadi pemimpin. Seperti yang kita ketahui seorang pemimpin dibutuhkan adanya ketegasan, maka dari itu aku sangat ingin melatih diriku supaya bisa tegas dalam mengambil keputusan. Sifat dan karakteristikku adalah seorang yang setia, penyayang, baik hati dan tidak sombong. Namun juga ada pula karakteristikku yang mengarah ke negative seperti mudah emosi, malas dalam melakukan suatu hal, sering tidak mengerti apabila kuliah, dan masih banyak yang lain.

Kesukaanku salah satunya adalah membaca. Walaupun aku seringkali pilih-pilih bacaan yang ingin aku baca. Karena banyak bacaan yang aku anggap kurang mencerahkan pemikiranku. Salah satu bacaan favoritku adalah novel, khususnya novel yang membahas dunia percintaan. Hal lain yang menjadi kesukaanku adalah mendengarkan music, menonton bola (plus maen bola di PS), menonton balapan GP, dan beberapa tontonan olahraga lainnya. Tontonan Ilmu Pengetahuan seperti teknologi terbaru, petualangan alam liar berserta flora dan faunanya juga menjadi kesukaanku. Biografi orang-orang ternama juga aku sangat suka baca dan tonton. Aku menyukai binatang, khususnya kucing. Aku memiliki beberapa kucing di rumah. Salah dua yang menjadi kesayanganku kuberi nama Pus-Pus dan Pis-Pis. Aku juga memiliki seorang adik. Jadi, itulah sekelumit tentang diriku. Seorang manusia di antara bermilyar manusia. Sebuah titik diantara bermilyar titik. Sebuah titik dalam jagad maha luas yang tak terjangkau imajinasi titik itu sendiri. Dan akhirnya aku adalah seorang yang bukan apa-apa. Seorang yang hidup dan juga pasti mati. Mungkin dengan menuliskan tentang siapakah aku ini sebenarnya, bisa menjadikan koreksi bagi diriku untuk menjadi seorang mahasiswa yang lebih berguna bagi bangsa.                                 

3 comments:

  1. who iam I?
    jawabannya adalah

    AKU

    Kalau sampai waktuku
    Ku mau tak seorang kan merayu
    Tidak juga kau
    Tak perlu sedu sedan itu

    Aku ini binatang jalang
    Dari kumpulannya terbuang

    Biar peluru menembus kulitku
    Aku tetap meradang menerjang
    Luka dan bisa kubawa berlari
    Berlari
    Hingga hilang pedih peri

    Dan aku akan lebih tidak perduli
    Aku mau hidup seribu tahun lagi

    Chairil Anwar

    ReplyDelete